Resume modul merupakan salah satu tugas mahasiswa PPG ketika melalui tahapan pendalaman materi.
Resume yang disusun dapat berupa uraian maupun poin-poin, yang pasti harus memuat tentang konsep dasar yang dipahami oleh peserta. (misalnya: pengertian/konsep, tujuan atau manfaat, dan prosedur atau langkah-langkah) dan makna pembelajaran (lesson learn) yang telah dipahami peserta baik selama membaca modul.
Resume atau ringkasan memang merupakan cara yang efektif untuk menyajikan tulisan yang panjang dalam sajian yang singkat. Itulah sebabnya mahasiswa PPG dalam jabatan harus membuat resume di setiap Kegiatan Belajar (KB). Setiap modul sendiri terdiri dari 4 KB sehingga setiap modul mahasiswa memiliki tugas resume 4 kali. Resume tersebut disusun sesuai dengan isi materi yang ada pada modul, sebagai tolok ukur dan bukti ketercapaian pembelajaran peserta PPG secara mandiri.
Judul Modul: Teori Belajar Humanistik, Konstruktivistik, dan Teori Belajar Sosial
1. Peta Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di modul bidang studi
Teori Belajar Humanistik
Teori belajar humanistik (humanistic learning theory) adalah suatu teori yang menekankan pada pengembangan diri individu dan potensi-potensi kreatif mereka melalui pendekatan pendidikan yang lebih personal dan holistik. Teori ini menekankan pada pentingnya menghargai keunikan dan kebebasan individu dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri.
Teori Belajar Konstruktivistik
Teori belajar konstruktivistik (constructivist learning theory) adalah suatu teori yang menekankan pada peran aktif individu dalam proses pembelajaran dan pengembangan pemahaman mereka. Teori ini menekankan bahwa pengetahuan dan pemahaman tidak diserap secara pasif, tetapi harus dibangun secara aktif oleh individu melalui interaksi dengan lingkungan mereka.
Teori Belajar Sosial
Teori belajar sosial (social learning theory) adalah suatu teori yang menekankan pada peran lingkungan sosial dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri. Teori ini menekankan bahwa individu belajar melalui pengamatan dan interaksi dengan orang lain dalam lingkungan mereka, serta melalui pengaruh dari norma-norma sosial dan perilaku yang ada dalam lingkungan tersebut. Teori ini juga menekankan pentingnya reinforcement atau penguatan positif dalam membentuk perilaku individu.
2. Daftar materi bidang studi yang sulit dipahami pada modul
Teori Belajar Humanistik:
a) Konsep self-actualization atau aktualisasi diri
b) Konsep pengalaman dan pengajaran (experiential learning)
c) Konsep self-concept atau konsep diri
Teori Belajar Konstruktivistik:
a) Konsep kognisi, yaitu proses mental yang digunakan oleh individu untuk memahami informasi dan pengalaman
b) Konsep skema, yaitu struktur mental yang digunakan untuk mengorganisasi informasi dan pengalaman
c) Konsep pembelajaran berbasis proyek atau project-based learning
Teori Belajar Sosial:
a) Konsep modeling atau pemodelan, yaitu proses belajar melalui pengamatan dan imitasi orang lain
b) Konsep reinforcement atau penguatan, yaitu proses memberikan konsekuensi yang dapat meningkatkan atau mengurangi kemungkinan suatu perilaku akan terulang kembali
c) Konsep self-efficacy atau efikasi diri, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya untuk melakukan suatu tugas atau perilaku.
3. Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran
Teori Belajar Humanistik:
a) Miskonsepsi bahwa teori ini hanya fokus pada pengembangan diri individu secara emosional, tanpa memperhitungkan aspek kognitif.
b) Miskonsepsi bahwa teori ini mengabaikan peran lingkungan dan interaksi sosial dalam proses pembelajaran.
Teori Belajar Konstruktivistik:
a) Miskonsepsi bahwa teori ini hanya menekankan pada pembelajaran mandiri dan mengabaikan peran guru dan lingkungan belajar lainnya.
b) Miskonsepsi bahwa teori ini mengabaikan peran pengalaman dan pengetahuan sebelumnya dalam proses pembelajaran.
Teori Belajar Sosial:
a) Miskonsepsi bahwa teori ini hanya menekankan pada pembelajaran melalui imitasi, tanpa memperhitungkan peran pengalaman dan kognisi individu.
b) Miskonsepsi bahwa teori ini mengabaikan peran faktor biologis dalam pembentukan perilaku dan kepribadian individu.
إرسال تعليق