Resume modul merupakan salah satu tugas mahasiswa PPG ketika melalui tahapan pendalaman materi.
Resume yang disusun dapat berupa uraian maupun poin-poin, yang pasti harus memuat tentang konsep dasar yang dipahami oleh peserta. (misalnya: pengertian/konsep, tujuan atau manfaat, dan prosedur atau langkah-langkah) dan makna pembelajaran (lesson learn) yang telah dipahami peserta baik selama membaca modul.
Resume atau ringkasan memang merupakan cara yang efektif untuk menyajikan tulisan yang panjang dalam sajian yang singkat. Itulah sebabnya mahasiswa PPG dalam jabatan harus membuat resume di setiap Kegiatan Belajar (KB). Setiap modul sendiri terdiri dari 4 KB sehingga setiap modul mahasiswa memiliki tugas resume 4 kali. Resume tersebut disusun sesuai dengan isi materi yang ada pada modul, sebagai tolok ukur dan bukti ketercapaian pembelajaran peserta PPG secara mandiri.
Judul Modul: Teori Belajar Humanistik, Konstruktivistik, dan Teori Belajar Sosial serta Penerapannya dalam Kegiatan Pembelajaran
1. Peta Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di modul bidang studi
Beberapa istilah dan definisi dari teori belajar humanistik, konstruktivistik, dan teori belajar sosial.
Teori Belajar Humanistik:
a) Fokus pada potensi individu dan pemenuhan kebutuhan psikologis dasar.
b) Menekankan pada pengembangan diri dan self-actualization.
c) Keyakinan bahwa individu adalah subjek aktif dalam proses belajar.
Teori Belajar Konstruktivistik:
a) Fokus pada konstruksi pengetahuan melalui pengalaman dan interpretasi individu.
b) Menganggap siswa sebagai konstruktor aktif pengetahuan mereka sendiri.
c) Menekankan pada pentingnya dukungan dan bimbingan dalam membantu siswa mencapai kemampuan yang lebih tinggi.
Teori Belajar Sosial:
a) Fokus pada pengaruh sosial dalam proses belajar.
b) Menekankan pada pengaruh model atau sosok yang dipilih dan penguatan dalam mempengaruhi perilaku siswa.
c) Memperhatikan faktor self-efficacy dalam pengembangan keyakinan dan motivasi siswa.
Secara umum, ketiga teori belajar ini memandang siswa sebagai subjek aktif dalam proses belajar dan menekankan pada pentingnya pengembangan diri, dukungan, dan pengaruh sosial dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, pendekatan yang digunakan dalam setiap teori berbeda, tergantung pada pandangan dasar dan konsep yang digunakan.
2. Daftar materi bidang studi yang sulit dipahami pada modul
Implementasi dari teori belajar sosial dalam pembelajaran, seperti penggunaan model atau sosok yang dipilih dan penguatan dalam mempengaruhi perilaku siswa.
3. Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran
a) Constructivism, yaitu menganggap bahwa siswa harus sepenuhnya mandiri dalam belajar dan tidak perlu bantuan sama sekali.
b) Penguatan dalam teori belajar sosial, yaitu menganggap bahwa memberikan hadiah atau pujian akan selalu memperbaiki perilaku siswa.
Download contoh resume modul:
إرسال تعليق