Contoh Resume Modul PPG: Model-model dan Metode Pembelajaran dalam Kurikulum 2013



Resume modul merupakan salah satu tugas mahasiswa PPG ketika melalui tahapan pendalaman materi.
Resume yang disusun dapat berupa uraian maupun poin-poin, yang pasti harus memuat tentang konsep dasar yang dipahami oleh peserta. (misalnya: pengertian/konsep, tujuan atau manfaat, dan prosedur atau langkah-langkah) dan makna pembelajaran (lesson learn) yang telah dipahami peserta baik selama membaca modul.

Resume atau ringkasan memang merupakan cara yang efektif untuk menyajikan tulisan yang panjang dalam sajian yang singkat. Itulah sebabnya mahasiswa PPG dalam jabatan harus membuat resume di setiap Kegiatan Belajar (KB). Setiap modul sendiri terdiri dari 4 KB sehingga setiap modul mahasiswa memiliki tugas resume 4 kali. Resume tersebut disusun sesuai dengan isi materi yang ada pada modul, sebagai tolok ukur dan bukti ketercapaian pembelajaran peserta PPG secara mandiri.

Berikut contoh resume modul:alert-success

Judul Modul: Model-model dan Metode Pembelajaran dalam Kurikulum 2013

1. Peta Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di modul bidang studi
a. Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013
1) Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada kerjasama dan interaksi antar siswa dalam mencapai tujuan bersama.
2) Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah sebagai pusat pembelajaran, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
3) Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran aktif dengan memfokuskan siswa pada proyek nyata, sehingga dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, kreativitas, dan kemampuan mengorganisir.
4) Pembelajaran Terpadu (Integrated Learning)
Pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran, sehingga siswa dapat memahami keterkaitan antar mata pelajaran dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam.
5) Pembelajaran Berbasis Kompetensi (Competency-Based Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
6) Pembelajaran Berbasis Karakter (Character-Based Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada pengembangan karakter dan nilai-nilai positif pada siswa, sehingga dapat menjadi individu yang memiliki moralitas yang baik.
7) Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)
Pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
8) Pembelajaran Berbasis Keterampilan (Skill-Based Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada pengembangan keterampilan siswa, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
9) Pembelajaran Berbasis Masalah Sosial (Social Problem-Based Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada masalah sosial sebagai pusat pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami dan mengatasi masalah sosial yang ada.
10) Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Environment-Based Learning)
Pembelajaran yang menekankan pada lingkungan sebagai sumber pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami dan menghargai lingkungan hidup yang ada.

b. Metode-Metode Pembelajaran Kurikulum 2013
1) Metode Ceramah (Lecture Method)
Metode pembelajaran yang mengharuskan guru menyampaikan materi pelajaran secara verbal dengan berbicara di depan kelas, sementara siswa mendengarkan dan mencatat.
2) Metode Diskusi (Discussion Method)
Metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pendapat untuk mencapai pemahaman yang lebih dalam tentang topik yang sedang dibahas.
3) Metode Tanya Jawab (Question and Answer Method)
Metode pembelajaran yang mengharuskan siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru atau dari teman sekelas dalam rangka memperdalam pemahaman tentang materi pelajaran.
4) Metode Demonstrasi (Demonstration Method)
Metode pembelajaran yang melibatkan kegiatan fisik atau visual yang ditunjukkan oleh guru atau siswa, untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang topik yang sedang dipelajari.
5) Metode Praktikum (Laboratory Method)
Metode pembelajaran yang melibatkan kegiatan praktik langsung oleh siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari dalam situasi yang nyata atau simulasi.
6) Metode Proyek (Project Method)
Metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam sebuah proyek untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam sebuah topik yang terkait dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari.
7) Metode Simulasi (Simulation Method)
Metode pembelajaran yang menggunakan simulasi untuk memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan situasi atau peristiwa yang sedang dipelajari.
8) Metode Pembelajaran Berbasis Games (Game-Based Learning Method)
Metode pembelajaran yang menggunakan permainan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
9) Metode Eksperimen (Experimental Method)
Metode pembelajaran yang melibatkan kegiatan percobaan untuk menguji teori atau hipotesis yang telah dipelajari dalam situasi nyata.
10) Metode Pengajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Teaching Method)
Metode pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah sebagai pusat pembelajaran, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Metode ini juga melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan solusi atas masalah yang dihadapi.

2. Daftar materi bidang studi yang sulit dipahami pada modul
a) Penerapan model-model pembelajaran yang efektif dan kreatif
b) Konsep kurikulum berbasis kompetensi
c) Metode pembelajaran yang mengembangkan keterampilan abad 21
d) Integrasi teknologi dalam pembelajaran
e) Implementasi pembelajaran yang inklusif dan berkeadilan

3. Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran
a) Model-model pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
b) Konsep kurikulum berbasis kompetensi
c) Metode pembelajaran yang mengembangkan keterampilan abad 21
d) Penerapan pembelajaran inklusif dan berkeadilan

Komentar

أحدث أقدم